Rabu, 09 Januari 2013

Permasalahan Lingkungan Hidup di Sekitar Kita

Karangan Tentang lingkungan Hidup :
Permasalahan lingkungan di kotaku Surabaya saat ini adalah lebih dominan pada kepadatan yang terus meningkat, masalah persampahan, dan kualitas air bersih. Semua itu semakin kompleks dengan perkembangan jumlah penduduk yang sangat tinggi. Pertambahan penduduk pula yang mengakibatkan kualitas hidup manusia semakin rendah dan masalah meningkatnya masalah persampahan di kota Surabaya saat ini. Masih banyak orang yang membuang sampah ke badan sungai atau bahkan sampah berserakan di tempat terbuka. Dengan banyaknya sampah, mengakibatkan sungai tidak dapat berfungsi sebagaimana semestinya. Seperti sarana transportasi, konservasi, rekreasi, dan sebagainya. Serta mengakibatkan air tidak mengalir secara lancar dan rusaknya ekosistem sungai akibat zat-zat berbahaya yang terkandung dalam sampah tersebut. Selain masalah sampah di sungai, timbunan sampah di berbagai sudut kota berpotensi menimbulkan berbagai penyakit yang disebabkan oleh nyamuk, lalat, kecoak, tikus dan semacamnya yang merupakan pembawa berbagai macam penyakit. bahkan di indiksikan bahwa penyebab pemanasan global bukan hanya karena produksi CO2 yang berlebihan, tetapi juga disebabkan oleh zat CH4 yang dihasilkan dari proses pembakaran sampah yang akan terbawa atmosfir dan merusak lapisan ozon


Soal :
1. Jelaskan 2 komponen lingkungan hidup !
2. Jelaskan perbedaan lingkungan hidup dengan ekosistem !
3. Jelaskan 5 faktor yang berpengaruh terhadap lingkungan hidup !
4. Jelaskan 5 pemanfaatan lingkungan hidup !
5. Jelaskan mengapa permasalahan lingkungan hidup semakin rumit, terlebih di wilayah kota padat penduduk ! Berikan contoh !

Jawaban :
1. Terdapat 2 komponen yaitu komponen biotik dan abiotik
2. Perbedaan antara lingkungan hidup dengan ekosistem adalah lingkungan hidup berupa badannya. sedangkan ekosistem berupa sistem hubungan timbal balik antara biotik dan abiotik
3. jenis dan jumlah unsur lingkungan hidup, interaksi unsur-unsur lingkungan hidup, tingkah laku manusia, faktor non-material, dan faktor fisik - ekonomi - seni budaya yang saling berkaitan.
4. untuk kelangsungan hidup makhluk hidup, penghasil bahan baku dan bahan mentah untuk industri, untuk memberikan O2, untuk penelitian dan untuk konservasi.
5. lingkungan hidup semakin rumit karena ulah manusia yang kurang memperdulikam dan acuh tak acuh terhadap lingkungan. contohnya seperti di DKI Jakarta, masih banyak sampah berserakan di badan sungai yang mengakibatkan DKI Jakarta sering terkena bencana banjir.

Tugas Geografi SMAN8 Surabaya (Bu.Mutia)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar